Jumat, 09 September 2011

ISHOMA VS IMASHO

Biasanya, dalam suatu acara yang relatif lama, (misalnya dari pagi sampai sore) kita temui “ISHOMA” sebagai salah satu agenda acara tersebut. Pastinya kita semua sudah tau arti dari ISHOMA. Ya, ISHOMA adalah singkatan dari Istirahat, SHOlat, dan MAkan. Agenda yang satu ini sering diletakkan pada saat jam makan siang yang berdekatan dgn waktu Shalat Dzuhur.

Nah, dalam postingan kali ini saya akan membagi kebingungan saya kepada teman-teman semua. Hal yang membuat saya bingung tentang ISHOMA adalah: apa yang kita lakukan ketika ISHOMA tidaklah sesuai urutannya. Kebanyakan dari acara yang memiliki agenda ISHOMA tidak menjalankan Istirahat, Sholat dan Makan sebagaimana urutan yang seharusnya. Dalam acara tsb seringkali kita temui panitia yang menganjurkan kita untuk Istirahat, Makan, baru Sholat. (kecuali dalam acara ke-Islaman). Hal inilah yang membuat saya sangat bingung. Ketika saya tanya alasannya, kebanyakan dari mereka menjawab:

“ntar kalo sholat duluan, sholatnya jadi gak konsen karena kepikiran makanan terus. Mending makan dulu, biar sholatnya khusyu’...”

Otak saya yang memproses kata-kata tsb menyimpulkan: ada benarnya juga kalo alasannya kayak gitu. Tapi, selang beberapa lama kemudian hati saya berontak. Tiba-tiba muncul banyak pertanyaan di kepala saya.

“bukankah kalau kita udah kenyang, malahan jadi malas buat ibadah?”
“bukankah Rasulullah pernah sholat dengan batu yang terganjal di perutnya karena menahan rasa lapar akibat tak makan berhari-hari?”
“bukankah kita harus mendahulukan sholat yang sudah jelas kewajibannya?”
“lalu, jika nyawa kita dicabut saat makan, bukankah itu artinya kita telah meninggalkan sholat yang wajib hukumnya?”
Entahlah... Saya masih harus banyak mengkaji tentang hal itu. Ketika otak saya memaksa bahwa “IMASHO” adalah sesuatu yang benar, seketika itu juga hati saya berteriak, menolak ini semua. Marilah kawan, kita renungkan budaya kita yang satu ini 

**postingan ini dibuat dengan suasana hati yang galau (ciailaaah).. mohon komen yaaa teman-teman :D

13 komentar:

  1. Ada Hadistnya mbak ,
    kata hadistnya kurang lebih mengatakan ada baiknya kalau makan dulu baru sholat . tapi makannya kalau memang betul-betul lapar.

    Nah , kalau sudah makan lantas membuat orang malas. itu beda lagi konteksnya :) *CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkadang kita ga bener2 lapar -_-
      anyway makasih ya komennya :D

      Hapus
  2. yah apapun itu istilahnya yang penting ada sholat dan makannya #eh

    BalasHapus
  3. yg penting gak sholat sambil makan..
    hehehehe

    BalasHapus
  4. hahaha makan dulu baru Sholat , kecuali yang tak lapar ...
    Hadistnya ada ..

    BalasHapus
  5. artikel bagus nih, jadi tau artinya ishoma ternyata singkatan ya #kuper

    tapi kan bukannya kita tuh makan agar kuat untuk ibadah? jadi ikut bingung nih hehe

    BalasHapus
  6. HHHHH bru gue tau tuh ISHOMA kepnjgnnya i2
    tp btul sih jd bingung

    BalasHapus
  7. Kalau Di zaman Nabi dulu.. ada cerita bahwa Nabi pernah disiapkan hidangan makan oleh istri beliau dan saat bersamaan saat Nabi sudah siap makan terdengar adzan.. disini Nabi meneruskan makannya dulu baru pergi ke mesjid utk sholat..

    BalasHapus
  8. Kalau Di zaman Nabi dulu.. ada cerita bahwa Nabi pernah disiapkan hidangan makan oleh istri beliau dan saat bersamaan saat Nabi sudah siap makan terdengar adzan.. disini Nabi meneruskan makannya dulu baru pergi ke mesjid utk sholat..

    BalasHapus