Jumat, 09 September 2011

SUPER CAMP

with TSC ambassador Kalimantan, @ Prambanan Temple
Nah, jadi ceritanya dalam kesempatan ini saya mau share pengalaman saya di Jogja bareng duta-duta TSC se regional Kalimantan. Ada yang dari Pontianak, Palangka Raya, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Tarakan, Tenggarong, de el el. Pokoknya komplit deh, kita semua berjumlah 70 orang. Ke-70 orang ini (saya salah satunya) merupakan wakil duta TSC dari masing-masing branch. Dari branch Pontianak ada 12 orang yang diikutsertakan dalam kegiatan ini. Mereka adalah: olphi, sherly, dela, akbar, risky, yugi, syamsul, oji, fajar, adit, eki, dan saya pastinya, hehe. Ada juga 1 orang pendamping kita, mas Totok.
Well, nama kegiatan ini adalah Telkomsel School Community Super Camp Kalimantan 2011. Kegiatannya dilaksanakan di Kebun Buah Imogiri, Bantul, Jogjakarta pada tanggal 18, 19, dan 20 Juli 2011. Disana kita ngadain outbond (yang pastinya seru abis) serta beberapa training dari MIXOR (thanks to: om brow, om ridwan, om rully onzu, om david, dll)

***hari pertama***
Kontingen Pontianak berangkat dari Grapari menuju Bandara Supadio sekitar pukul 07.00. pesawat kita dari ptk-jkt-jogja. Transit ke jakarta dulu, nginjakin kaki di Bandara Soekarno Hatta, baru caw ke Jogja. Kira-kira sampai di jogja udah jam 1 siang, langsung menuju kebun buah imogiri. Sesampainya disana, rupanya peserta dari daerah lain udah pada ngumpul nungguin kita. Ironis banget, kita yang paling telat nyampe, wkwk. Berhubung udah siang, kita langsung ishoma. Kemudian dilanjutkan dgn sesi perkenalan yang sangat singkat sebentar banget sekali (sumpah, sebentar banget), langsung dilakukan outbond sore harinya. Setelah outbond, kita langsung dikasih teman setenda, dan teman setenda ku adalah dessy, si cantik dari balikpapan. Malam harinya kita dapet training dr mixor (om brow dan om ridwan yang ngasi materi). Habis materi malam itu, kita ditantang FIREWALKING, jalan diatas api. Dan kunci utama kalo mau sukses melewati api yang nyalanya gak tanggung2 itu adalah KEYAKINAN. Asal kita yakin, kita pasti bisa. IF YOU THINK YOU CAN, YES YOU CAN! Dan surprisingly... saya juga bisa melakukannya :D

***hari kedua***
Bangun tiduuuuuur, sholat, tidur lagi. Habisnya dingin banget disana hahaha. Sekita jam 6 pagi kita ngantri mandi, lumayan banyak yg ngantri mandi. Jadi, saya, kak sherly, temen setenda kak sherly dan om brow mandi di tempat lain. Ga pake ngantri, asik bgt wkwk. Paginya kita outbond, dan yang paling seru adalah raveling, menyebrangi jembatan tali, daaaaaan jeng jeng jeng... flying fox!!!! Beneran pengalaman pertama yang ga bisa dilupakan :*
Selesai outbond, kita dikasi snack yang meninggalkan kesan mendalam (cieileeeh) bagi saya. Yang berkesan dari snack tersebut adalah bagian kecil yang mungkin ga berpengaruh buat org lain, tapi berbanding terbalik buat saya. Hal kecil tsb adalah... CABE RAWIT! Kenapa meninggalkan kesan bagi saya? Karena cabe rawit di jogja beda bgt sm yang ada di pontianak. Dan satu hal, cabe bikin saya teringat sama teman masa kecil saya, yang sekarang udah menetap di jogja, dan gak tahan pedas... Tera!!! Hiks hiks, jadi kangen :’(
Ok, back to topic. Habis outbond, apa lagi ya? Hmmm... oh iya, selesai outbond ada persembahan dari anak2 balikpapan, samarinda, dan ni luh yang menyumbangkan 1 lagu. Setelah itu, pengumuman peserta terbaik, yang jatuh kepada Luis dan Dessy. Stelah itu, pengumuman doorprize yang paling ditunggu-tunggu. Doorprize utama (berupa 1 unit blackberry) jatuh kepada.... risky, duta asal pontianak, hehe.
Setelah rangkaian acara selesai, kita naik bus pariwisata yang kemudian mendrop kita di Grage Ramayana Hotel. Nah, di hotel grage, saya mendapat teman sekamar yg bernama Indah, duta asal banjarmasin. Sehabis maghrib, kami diberi waktu bebas untuk jalan2 sampai jam 10 malam. Lalu, dgn semangat 45 +1, (jadi semangat 46) kontingen pontianak memutuskan untuk mengelilingi malioboro. Waktu berlalu tanpa terasa, dan tepat jam 10 malam kami kembali ke hotel. Tapi, kami semua belum puas dgn waktu jalan2 yang sudah diberikan. Dengan kenakalan yang memuncak, (ini istilah apaan sih?) kontingen pontianak ngumpul di lobby hotel sekitar jam 11 malam dan memutuskan kabur ke alun-alun selatan jogjakarta. Disana kita nyobain jalan dgn mata tertutup utk melewati 2 buah pohon beringin. konon katanya, kalo bisa ngelewatin pohon itu, apa yang kita inginkan bisa tercapai. Karena ada unsur mistis2 kayak gini, saya gak mau nyobain karena takut syirik. Jadi, disana saya cuma ngerjain akbar aja, hahaha. Setelah puas main kayak beginian, kami semua ditraktir mas totok makan nasi kucing. Alhamdulillah punya kesempatan nyobain makanan unik :P . sehabis makan, saya gowes pake sepeda keliling alun-alun. Lumayan capek, dan jam menunjukkan pukul 1 pagi, kami memutuskan pulang ke hotel.

***hari ketiga***
Sesudah madi dan packing, semua peserta ngumpul di resto hotel untuk sarapan. Setelah sarapan, kita check out, dan naik bus pariwisata lagi. Tujuan pertama, Keraton Jogja.
Banyak buleeeeee... anak2 yg lain pada demen poto sama bule, tapi saya ga tertarik sedikitpun. Tujuan selanjutnya, bakpia Djava. Gatau, suka aja sama suasana disini (yaiyalah, banyak makanan). Tapi karena kelamaan belanja, saya ga sempat nyoba bikin bakpia, cuma bisa ngeliat prosesnya aja. Tapi gapapalah. Trus kita ke resto lokal, makan siang. Lanjuuuut, ke candi prambanan. Disini barangnya murah2, jd belanja oleh2 disini deh :D
Selesai wisata di prambanan, kontingen pontianak dan palangka langsung ke airport, buat kembali ke kota masing-masing. Sedih bercampur gembira, tawa bercampur haru, semua perasaan menjadi satu, ga bisa diungkapkan dgn kata2 lagi. Kangen kaliaaaaan, ambassador kalimantan 
Nah, ada 1 pengalaman lagi waktu di bandara adi sucipto. Disana kita ketemu om om dari mixor yang mau ke medan, serta ivan gunawan, irfan hakim, dan kanjeng mami (itu loh, ibu ibu yang main iklan axis, jangan ditawaaaaaaar) hehe. Nah, pas kita mau poto bareng mereka, irfan hakim langsung bilang gini ke kanjeng mami: “eeh, kamu ga usah ikutan poto”
spontan, kita semua ngakak disana. Ya iyalah, secara kita semua pake baju telkomsel, masa kanjeng mami mau ikutan poto? Ntar dipecat axis baru tau rasa :D
akhirnya, kami semua pisah. Tapi ada satu hal yang tak boleh terpisahkan: PERSAHABATAN KITA!