Kamis, 19 Januari 2012

JAPAN IT UP !

Oke, pada kesempatan yang berharga ini, saya memposting artikel tentang keunikan Jepang. Nah silakan duduk manis, siapkan makanan dan cemilan karena artikel kali ini cukup panjang (lebay mode on). Tarik nafas dalam-dalam dan rileks saja, hehe… Sudah siap? Let’s cekidot :)

1. “sensei” artinya bukan “guru” , tapi merupakan sebuah panggilan ke beberapa profesi orang : guru, pengarang komik, dokter, pengacara, accountant terkenal, dll. kalo diliat dari kanjinya, kanji pertama “sen” artinya “duluan”, dan kanji kedua “sei” artinya “lahir”, jadi kalo di translate langsung artinya kira2 “lahir terlebih dulu”, dan kalo kita liat maknanya = orang yang mempunyai pengalaman/ilmu karena dia udah menuntut ilmu terlebih dulu daripada kita.

2. anak SD wajib pake tas kotak (kayak yg dipake conan atau nobita) yang harganya mahal banget (satunya kira2 Rp.2.000.000-Rp.3.000.000). Umumnya yang cwo pake tas warna hitam, yang cwe tas warna merah.

ransel japan booo~
3. punya 3 kata pengganti untuk diri sendiri : watashi/watakushi (saya), boku (aku), ore (gw). watashi biasanya dipakai dalam hal2 formal, sedangkan boku dan ore bisa dipakai anytime ! bahkan ngomong sama nenek2 aja bisa pake ore (gw).

4. cuma ada 2 lagu indonesia yang ada di karaoke jepang : “bengawan solo” dan “nona manis siapa yang punya”. itupun udah dirubah liriknya ke dalam bahasa jepang (sepengetahuan saya).

5. pepsi di jepang punya rasa yang aneh : pepsi timun, pepsi kacang merah, dan pepsi shiso (shiso = daun perilla. daun yang punya wangi aneh, biasanya utk dicampur sama sushi).


6. selain pepsi (di atas) ada coklat dengan rasa aneh : rasa cabe, rasa wasabi (bumbu pedas), rasa kacang merah.


7. Orang jepang jarang memasang foto dirinya sendiri yg keliatan jelas di social networking atau blog. beda banget dama orang Indo, muehehehehe. but, that's not a problem lah yaaaa~

okeeeh. sekian dulu ya. see you :)

2 komentar: